Contoh Surat Rekomendasi Kuliah yang Bisa Dijadikan Referensi

7 Contoh Surat Rekomendasi Kuliah yang Bisa Dijadikan Referensi

Contoh Surat Rekomendasi Kuliah yang Bisa Dijadikan Referensi

Contoh surat rekomendasi kuliah. Mencari dan kemudian membaca 7 contoh surat rekomendasi kuliah tentu sangat penting, bagi lulusan SMA maupun Sarjana dan Magister yang ingin melanjutkan pendidikan. Pada dasarnya surat rekomendasi merupakan surat yang di tulis secara khusus oleh seorang pimpinan.

Baik itu pimpinan perusahaan (rekomendasi pekerjaan), pimpinan perguruan tinggi (rekomendasi pendidikan), maupun yang lainnya. Sebab surat rekomendasi ini ada dalam beberapa jenis dan yang paling banyak di bicarakan adalah surat rekomendasi kuliah. Sesuai dengan namanya, surat rekomendasi ini di susun oleh dosen dan di tujukan kepada mahasiswa.

Surat rekomendasi biasanya akan sangat di butuhkan oleh mahasiswa lulusan S1 yang hendak melanjutkan S2. Sebab surat ini menjadi salah satu syarat administrasi dan tentunya tidak selalu mudah untuk di dapatkan. Jika selama ini masih asing dengan surat rekomendasi kuliah dan ingin tahu bagaimana proses mendapatkannya. Maka bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Mahasiswa Universitas Terbaik di Indonesia

Apa Itu Surat Rekomendasi?

Hal pertama yang perlu di ketahui sebelum mencoba membaca detail 7 contoh surat rekomendasi kuliah adalah mengenai pengertiannya. Jadi, di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) istilah surat rekomendasi memiliki definisi sebagai surat yang menyatakan, menguatkan, membenarkan, dan sebagainya bahwa orang yang di sebut dapat di percaya, baik, dan sebagainya.

Sehingga surat rekomendasi kuliah merupakan surat yang di susun oleh pimpinan perguruan tinggi untuk menyatakan seorang mahasiswa memiliki prestasi akademik yang baik, mahasiswa yang baik, dan bisa juga menjelaskan bahwa mahasiswa tersebut merupakan alumni dari perguruan tinggi yang bersangkutan.

Surat rekomendasi kemudian tidak hanya di kenal di dunia pendidikan tinggi saja. Akan tetapi juga di kenal di lingkungan sekolah, karena bisa di susun oleh guru untuk membantu muridnya bisa meneruskan S1 di suatu perguruan tinggi. Selain itu, bisa juga ditulis di lingkungan kerja.

Biasanya surat rekomendasi bertujuan untuk menyatakan bahwa seorang karyawan merupakan karyawan yang baik, memiliki prestasi, dan juga keterangan yang menyatakan karyawan tersebut memang pernah bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Lewat surat rekomendasi ini, maka karyawan tersebut bisa lebih mudah mendapat pekerjaan baru.

Supaya lebih jelas, berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis dari surat rekomendasi secara umum:

1. Employment Recommendation

Jenis surat rekomendasi yang pertama adalah employment recommendation dan sesuai dengan namanya merupakan surat rekomendasi di lingkungan tempat kerja. Surat jenis ini di susun oleh pimpinan perusahaan ataupun pihak yang menjadi wakil pimpinan dan di berikan kepada karyawan yang sudah resign maupun pensiun.

Surat ini bisa disusun atas permintaan karyawan yang bersangkutan dan untuk berbagai jenis tujuan. Paling sering adalah untuk memudahkan karyawan tersebut mendapatkan pekerjaan baru. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan besar, maka surat rekomendasi yang disusun memiliki pengaruh cukup besar.

2. Academic Recommendation

Jenis selanjutnya adalah academic recommendation atau surat rekomendasi akademik yang di susun di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi. Surat rekomendasi ini di tujukan kepada siswa yang pindah ke sekolah maupun kampus baru karena satu dan lain hal.

Bisa juga di susun untuk membantu siswa maupun mahasiswa bisa masuk ke perguruan tinggi yang di tuju atau di minati oleh siswa dan mahasiswa tersebut. Sehingga di dalam dunia akademik, surat rekomendasi bisa di tulis oleh guru untuk siswanya di sekolah dan bisa juga di tulis oleh dosen untuk mahasiswanya.

Surat rekomendasi kuliah paling banyak di gunakan untuk memenuhi persyaratan meraih beasiswa pendidikan tinggi. Khususnya ke jenjang S2 sampai S3, dan untuk kuliah keluar negeri masih di butuhkan lagi satu surat yakni LoA atau Letter of Acceptance yang contohnya bisa di lihat pada daftar 7 contoh surat rekomendasi kuliah di bawah.

3. Character Reference

Jenis surat rekomendasi berikutnya adalah character reference yang merupakan surat rekomendasi yang di susun oleh seorang individu atau perorangan dan di tujukan kepada individu lain. Surat ini umumnya di susun oleh orang yang di kenal luas masyarakat, bisa di katakan sebagai tokoh penting di masyarakat.

MIsalnya Ketua RT, Kepada Desa, publik figur, dan lain sebagainya. Namun, surat rekomendasi jenis ini juga bisa di tulis oleh orang yang tidak memiliki pengaruh luas. Misalnya di tulis oleh anggota keluarga dari penerima surat itu sendiri dengan tujuan yang juga cukup beragam.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *