Beasiswa Fulbright 2024 Resmi Dibuka, Daftar Segera!

Beasiswa Fulbright 2024 Resmi Di buka

Beasiswa Fulbright 2024 Resmi Di buka, Daftar Segera!

Bagi Anda para dosen yang ingin melanjutkan Doktor di luar negeri, maka bisa mendaftar ke program beasiswa Fulbright. Beasiswa satu ini kembali di buka pendaftarannya untuk periode tahun 2024.

Ada beberapa program studi bisa di pilih oleh calon penerima program dari Indonesia, dimana bisa di ikuti oleh kalangan akademisi, yakni dosen. Sifat beasiswa yang penuh (fully funded) dan berkesempatan kuliah gratis di Amerika Serikat membuatnya menarik untuk didapatkan.

Apa Itu Beasiswa Fulbright?

Beasiswa Fulbright adalah beasiswa kuliah di Amerika Serikat yang di tanggung secara penuh oleh Pemerintah AS melalui AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation—Yayasan Pertukaran Indonesia-Amerika—).

Beasiswa ini di tujukan untuk calon mahasiswa asal Indonesia dan bisa di perjuangkan oleh kalangan akademisi, yakni dosen. Pilihan studi dengan gelar atau degree terdapat dua, yakni program S2 atau Magister dan S3 atau Doktoral dengan gelar PhD.

Masa studi berkisar antara dua sampai tiga tahun sesuai dengan ketentuan masa studi secara umum di Amerika Serikat. Program ini sendiri pada dasarnya program tahunan yang rutin di buka pendaftarannya setiap tahun. Hanya saja sempat hiatus di tahun 2021-2022.

Fulbright Scholarship memiliki banyak keunggulan lain, seperti tidak ada batasan umur dan memiliki kebebasan memilih perguruan tinggi mana. Bahkan, terbuka peluang besar masuk kampus Ivy League seperti Brown University, Columbia University, Cornell University, Dartmouth University, dan Harvard University.

Pilihan Program Beasiswa Fulbright 2024

Tahun ini, beasiswa Fulbright di hadirkan dalam beberapa pilihan program dan masing-masing memiliki ketentuan berbeda. Pilihan program ini kemudian terbagi menjadi tiga kategori utama, berikut kategorinya:

1. Fulbright Master’s Degree Scholarship

Pilihan program  beasiswa pertama adalah Fulbright Master’s Degree Scholarship. Sesuai namanya, program ini untuk jenjang pendidikan Magister (S2) secara gratis di Amerika Serikat yang di tempuh selama dua tahun, kecuali untuk jurusan kedokteran.

Beasiswa ini bisa Anda pilih untuk yang ingin studi lanjut S2 gratis dan beberapa syarat khusus yang perlu di penuhi antara lain:

  • Memiliki gelar sarjana (S1)
  • Memiliki IPK minimal 3.0 (skala 4.0)
  • Memiliki skor TOEFL ITP minimal 550, atau skor TOEFL iBT minimal 80, atau skor IELTS minimal 6,5, atau skor Duolingo minimal 110.

2. Fulbright Doctoral Degree (PhD) Scholarship

Pilihan program beasiswa Fulbright yang kedua adalah Fulbright Doctoral Degree (PhD) Scholarship yang di tujukan untuk jenjang studi S3 (PhD) yang ditempuh selama tiga tahun untuk semua program studi, kecuali kedokteran.

Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi S3 di luar negeri maka bisa berpartisipasi dalam program satu ini. Adapun syarat khusus yang wajib di penuhi pendaftar di program ini antara lain:

  • Memiliki gelar master (S2)
  • Memiliki IPK minimal 3.0 (skala 4.0)
  • Memiliki skor TOEFL ITP minimal 575, atau skor TOEFL iBT 90, atau skor IELTS 7.0, atau skor Duolingo 120
  • Memiliki niat untuk mengambil, atau kembali ke, posisi akademis setelah menyelesaikan gelar.

Baca juga: Universitas Madura Ciptakan Alat Perpustakaan Digital

3. Fulbright Visiting Scholar Program

Pilihan program yang terakhir adalah Fulbright Visiting Scholar Program yang di tujukan untuk akademisi Indonesia yang bergelar doktor dan profesional dengan gelar setara untuk mengembangkan atau memperbarui penelitian. Syarat khususnya antara lain:

  • Memiliki gelar doktor (PhD) atau pelatihan atau pengalaman profesional yang setara pada saat melakukan pendaftaran
  • Menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang memadai untuk melakukan penelitian di AS (tidak perlu menyertakan skor TOEFL)
  • Telah menghubungi atau mengidentifikasi mitra penelitian atau institusi potensial di AS (tidak perlu menyertakan surat undangan pada saat mendaftar)
  • Memiliki rencana untuk menyelesaikan dan mempublikasikan penelitian mereka setelah menyelesaikan program.

Selain hadir dalam program scholarship atau beasiswa, Fulbright juga hadir dalam dua kategori lain. Yakni program fellowship dan DIKTI Funded Fulbright. Program Fellowship berfokus untuk mendanai pengembangan kemampuan profesional penerima program.

Sementara untuk DIKTI Funded Fulbright adalah program beasiswa yang berbentuk hibah dari Ditjen Dikti khusus untuk para dosen di Indonesia. Jika Anda seorang dosen dan ingin studi lanjut atau mengembangkan riset, maka bisa mendaftar di program ini.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *