7 Daftar Kampus Swasta Terbaik di Indonesia 2024 Versi Webometrics

Daftar Kampus Swasta Terbaik

7 Daftar Kampus Swasta Terbaik di Indonesia 2024 Versi Webometrics

Indonesia memiliki banyak pilihan kampus,dan jika lebih suka kuliah di kampus swasta pertimbangkan masuk ke salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia 2024. Memasuki pertengahan tahun, berbagai lembaga perangkingan kampus dunia merilis hasil terbaru.

Salah satu lembaga perangkingan atau pemeringkatan perguruan tinggi tingkat dunia adalah Webometrics. Webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut.

Webometrics di ketahui aktif merilis hasil perangkingannya dua kali dalam setahun, yakni di bulan Januari dan Juli. Memasuki bulan Juli, hasil pemeringkatan terbaru sudah dirilis di website resminya.

Menariknya, ada belasan kampus swasta di Indonesia masuk ke daftar tersebut. Kampus mana saja? Berikut informasinya.

Daftar Kampus Swasta Terbaik di Indonesia 2024

Webometrics merupakan salah satu lembaga perangkingan kampus di seluruh dunia. Tahun ini tercatat ada sekitar 22 ribu lebih kampus dari seluruh dunia di nilai oleh sistem di Webometrics tersebut.

Memasuki Juli 2024, Webometrics sudah mengumumkan daftar kampus terbaik dan ada 2.585 kampus di daftar tersebut berasal dari Indonesia. Jika di telusuri lagi maka di temukan ada belasan kampus swasta terbaik di Indonesia 2024 berhasil masuk ke daftar tersebut.

Lalu, kampus swasta mana saja yang berhasil menembus penilaian dari sistem Webometrics dan kemudian menjadi kampus terbaik di Indonesia tahun ini? Berikut beberapa daftarnya:

1. Universitas Bina Nusantara

Pengisi daftar pertama dari hasil pemeringkatan kampus swasta terbaik di Indonesia 2024 versi Webometrics adalah Universitas Bina Nusantara. Kampus swasta ini di kenal juga dengan sebutan Binus University.

Selain versi Webometrics, Binus juga berhasil menembus pemeringkatan internasional lainnya seperti QS WUR 2024. Bahkan bisa bersanding dengan PTN terbaik di Indonesia seperti UGM, Unpad, dan lain-lain.

Meskipun dikenal mahal, namun Binus University memang di kenal menyediakan layanan pendidikan tinggi yang mumpuni. Tidak heran peminatnya banyak dengan inovasi yang terus berkembang dan menjadi leader kampus swasta terbaik di tanah air.

2. Universitas Mercu Buana

Kampus swasta terbaik kedua menurut versi Webometrics adalah Universitas Mercu Buana yang berada di Jakarta Barat. Universitas Mercu Buana sudah memiliki beberapa cabang di kota-kota besar Indonesia, salah satunya di D.I Yogyakarta.

Kampus swasta ini juga mengikuti jejak Binus University yang masuk ke pemeringkatan berbagai lembaga internasional. Hal ini sekaligus membuktikan kualitasnya bisa di sandingkan dengan PTN-PTN terkemuka di tanah air.

3. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma juga masuk ke dalam daftar kampus swasta terbaik di Indonesia 2024 versi Webometrics. Kampus swasta yang ada di Depok dan Bekasi ini berhasil masuk ke peringkat nomor 27 dari deretan kampus terkemuka di dunia.

Posisi tersebut bahkan membuat Universitas Gunadarma sukses mengalahkan sejumlah PTN terkemuka di Indonesia. Misalnya Unnes atau Universitas Negeri Semarang dan Universitas Jember.

Baca juga: Beasiswa Fulbright 2024 Resmi Dibuka, Daftar Segera!

4. Universitas Trisakti

Selanjutnya ada Universitas Trisakti atau USakti yang selama ini memang di kenal sebagai salah satu kampus swasta terbesar di Indonesia. Kampusnya sendiri berada di Jakarta Barat dan memiliki total 9 fakultas.

Praktis, USakti memiliki belasan sampai puluhan program studi yang setiap tahunnya diisi oleh mahasiswa dari Jakarta maupun dari daerah dan wilayah lain di Indonesia. Sesuai pemeringkatan Webometrics. USakti masuk ke peringkat nomor 59 secara nasional.

5. Universitas Katolik Atma Jaya

Daftar kampus swasta terbaik di Indonesia 2024 menurut Webometrics berikutnya adalah Universitas Katolik Atmajaya yang akrab di sebut Unika Atma Jaya. Unika Atma Jaya sudah berdiri sejak tahun 1960 dan berbasis di DKI Jakarta.

Kampusnya memiliki tiga lokasi berbeda di seputaran DKI Jakarta mulai dari Kampus 1 di Semanggi, Kampus 2 di Pluit, dan Kampus 3 di BSD. Unika Atma Jaya memang dikenal berkualitas apalagi setelah sukses menggandeng 100 perguruan tinggi dari luar negeri sebagai mitranya.

6. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka

Selanjutnya adalah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka yang juga di kenal dengan sebutan UHamka. UHamka merupakan salah satu kampus jaringan Muhammadiyah di Indonesia dan beralamat di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

UHamka diketahui rutin masuk daftar kampus terbaik secara nasional maupun internasional. Pemeringkatan nasional memposisikannya di rangking 67 untuk kategori kampus swasta terbaik. Bahkan UHamka berhasil masuk daftar pemeringkatan dari Webometrics tahun 2024.

7. Universitas Terbuka

Kampus swasta terbaik di Indonesia 2024 menurut Webometrics yang ketujuh adalah Universitas Terbuka atau UT. UT merupakan salah satu kampus swasta yang terkenal di Jabodetabek dan memiliki mahasiswa nyaris di seluruh wilayah Indonesia.

UT memang selalu hadir dengan inovasi dan kreativitas, bahkan menjadi pelopor dari pelaksanaan perkuliahan online jauh sebelum pandemi ada di dunia. Tidak heran jika UT berhasil masuk ke daftar kampus swasta terbaik di tanah air.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *