Romanian Government Scholarship 2024, Daftar Sekarang!

Romanian Government Scholarship 2024, Daftar Sekarang!

Romanian Government Scholarship 2024, Daftar Sekarang!

Bagi Anda yang berencana kuliah gratis di luar negeri untuk semua jenjang pendidikan, maka bisa berpartisipasi dalam program Romanian Government Scholarship. Sesuai dengan namanya, program ini merupakan beasiswa dari pemerintah Rumania.

Beasiswa ini cukup populer dan masuk jajaran beasiswa bergengsi untuk mengantarkan mahasiswa Indonesia kuliah di negara Eropa. Beasiswa dari pemerintah Rumania ini mencakup seluruh jenjang pendidikan tinggi dari Sarjana, Master, sampai PhD (S3).

Selain itu juga di ketahui bersifat penuh dan bahkan tidak ada kewajiban melampirkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Sebab bahasa pengantar adalah bahasa Rumania. Lalu, seperti apa program dan syaratnya? Berikut informasinya.

Mengenal Romanian Government Scholarship

Program Romanian Government Scholarship adalah program beasiswa pendidikan tinggi yang di selenggarakan pemerintah negara Rumania untuk mahasiswa non-UNI EROPA, termasuk dari Indonesia.

Program beasiswa ini di sediakan pemerintah Rumania melalui Ministry of Foreign Affairs (Kementerian Luar Negeri Rumania). Di tujukan untuk mahasiswa internasional, sehingga bukan untuk mahasiswa dari Rumania itu sendiri. Tersedia juga kuota untuk mahasiswa asal Indonesia.

Tahun 2024, program beasiswa satu ini kembali dibuka pendaftarannya. Romanian Government Scholarship d ibuka mulai 16 Januari hingga 16 Maret 2024 mendatang. Program ini bersifat penuh dan untuk semua jenjang pendidikan tinggi.

Selain itu juga terbuka untuk nyaris semua program studi kecuali untuk prodi Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi. Jadi, jika Anda berencana studi ke Eropa dan tidak terbebani dengan biaya pendidikan. Bisa mencoba mendaftar ke program beasiswa satu ini.

Bidang Studi

Seperti yang di jelaskan sebelumnya, dalam program Romanian Government Scholarship terbuka untuk nyaris semua program studi di berbagai bidang keilmuan. Adapun pengecualian adalah untuk bidang Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi.

Jadi, jika prodi yang Anda tuju di luar tiga prodi tersebut maka bisa berpartisipasi dalam program beasiswa satu ini. Apalagi memang di buka untuk semua jenjang pendidikan tinggi dan berikut adalah penjelasannya:

1. Sarjana

Jenjang pendidikan yang pertama adalah Sarjana atau S1, dimana program ini di tujukan untuk lulusan sekolah menengah atas atau SMA dan yang setara. Program Sarjana akan berjalan antara 3 sampai maksimal 6 tahun.

Durasi masa pendidikan di sesuaikan dengan spesialisasi yang diambil selama menempuh studi. Selain itu juga di sesuaikan dengan kebijakan perguruan tinggi tujuan dari penerima program beasiswa.

2. Master

Jenjang pendidikan yang kedua di dalam program Romanian Government Scholarship adalah Master atau S2. Program ini di tujukan untuk lulusan Sarjana atau S1, baik yang di tempuh di Rumania maupun negara asal penerima program.

Durasi untuk pendidikan di jenjang Master adalah antara 1 tahun, 1,5 tahun, dan maksimal selama 2 tahun. Durasi di pengaruhi oleh spesialisasi yang di ambil penerima program dan kebijakan perguruan tinggi tujuan.

3. PhD (S3 – Doktor)

Jenjang berikutnya adalah PhD atau jenjang Doktor (S3). Lulusan dari perguruan tinggi di Rumania untuk jenjang S3 akan mendapatkan gelar PhD. Beasiswa di jenjang ini di tujukan untuk lulusan Master (Magister atau S2).

Adapun durasi pendidikan dan program pendanaan di jenjang ini adalah berkisar antara 3-5 tahun. Durasi ini di pengaruhi oleh  profil fakultas yang di pilih dan di akhiri dengan presentasi tesis PhD.

Baca juga: Program Pendanaan ISIS Neutron and Moun Sources

Persyaratan

Lalu, apa saja syarat yang harus di penuhi untuk menjadi penerima program Romanian Government Scholarship? Secara umum, program beasiswa ini terbuka untuk seluruh mahasiswa internasional. Sehingga bukan warga negara di Eropa.

Hanya saja dalam laman resminya dijelaskan ada beberapa pengecualian untuk warga negara asal Rumania yang di izinkan untuk ikut mendaftar, yaitu:

  1. Warga negara asal Rumania atau yang merupakan bagian dari komunitas historis Rumania yang berada di sekitar Rumania (berhak atas program beasiswa yang berbeda).
  2. Warga negara yang telah meminta atau memperoleh bentuk perlindungan di Rumania;
  3. Orang tanpa kewarganegaraan yang tinggal di wilayah Rumania yang secara resmi diakui menurut hukum;
  4. Anggota keluarga dari korps diplomatik dan konsuler yang terakreditasi di Rumania;
  5. Anggota staf administrasi dan teknis misi diplomatik dan kantor konsuler yang terakreditasi di Rumania;
  6. Anggota staf organisasi internasional yang berbasis di Rumania atau anggota keluarga staf organisasi internasional yang berbasis di Rumania;

Selain itu, agar memenuhi syarat menjadi penerima beasiswa para pelamar juga harus memenuhi ketentuan umum berikut ini:

  1. Menyerahkan atau mengunggah berkas pendaftaran secara lengkap;
  2. Menunjukkan dokumen studi (ijazah dan juga transkrip nilai) yang di keluarkan oleh institusi pendidikan yang terakreditasi/diakui di negara tempat dokumen tersebut di keluarkan;
  3. Mematuhi tenggat waktu pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang dibuat pihak penyelenggara;
  4. Memiliki nilai akademik yang baik dalam pendidikan, masing-masing rata-rata dari tahun-tahun masa studi, untuk sekolah terakhir yang lulus minimal 7 (tujuh) sesuai dengan sistem penilaian di Rumania atau nilai “Baik”, sesuai dengan kebijakan pemerintah Rumania.
  5. Mematuhi dan mengikuti seluruh prosedur pengajuan aplikasi pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan pihak penyelenggara.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *