Universitas Asal China Tandatangani MoU dengan UMJ

Universitas China Tandatangani MoUac

8 Universitas Asal China Tandatangani MoU dengan UMJ

Universitas Muhammadiyah Jakarta menjadi tuan rumah penandatanganan MoU antara 13 universitas asal China dan 21 universitas dari Indonesia, 8 di antaranya Universitas China Tandatangani MoU. Universitas asal China yang tergabung dalam Indonesia-China University Alliance (ICUA) tersebut bertujuan mempererat kerja sama internasional, kegiatan ini berlangsung di Auditorium dr. Syafri Guricci, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ, Senin, (15/05/2023).

Remark from Vice Chairman of Industrial and Commercial Bank of China (ICBC), Mr. Grant Wu dalam sambutannya menyampaikan bahwa terdapat banyak peluang kerja sama di bidang Pendidikan. Oleh karenanya kesempatan ini tidak boleh terlewat begitu saja.

Sebagai salah satu perwakilan dari Universitas China, Speech from China’s University and College Admission System (CUCAS), Jack Sha, menjelaskan untuk mengawali perkuliahan di berbagai Universitas China, mahasiswa internasional dapat mendaftar melalui CUCAS, yaitu portal online penerimaan mahasiswa internasional yang telah bekerja sama dengan lebih dari 300 Universitas top China. Tidak hanya untuk mendaftar perkuliahan, CUCAS juga melayani konsultasi bagi siapa saja yang tertarik berkuliah di China.

Selain itu, Shanghai University juga memiliki beasiswa untuk mahasiswa internasional, juga bekerja sama dengan rumah sakit dan beberapa perusahaan.

Baca juga: Catatan Tentang Kegagalan Perguruan Tinggi

Sekretaris ICUA, Endang Zakaria, M.H.

melakukan kerjasama dengan Universitas Islam di Indonesia bukan hal baru untuk beberapa Universitas di Cina. Mereka (Universitas Cina) memiliki ketertarikan untuk mengenal lebih jauh semua level pendidikan di indonesia, salah satunya Perguruan Tinggi (PT).

Adapun Universitas di China menjangkau semua PT di Indonesia termasuk PT Islam di bawah naungan organisasi Muhammadiyah. Kerja sama yang dapat dihasilkan dari adanya MoU Signing ini berpusat pada bidang pendidikan, sains, dan teknologi.

Hal ini tentu tidak terlepas dari komitmen UMJ untuk terus menjali tali silaturahmi dalam skala internasional. Tujuan dari acara MoU Signing ini adalah peningkatan kerja sama Internasional yang akan berdampak pada pemerolehan akreditasi unggul untuk UMJ.

Tanda Tangan MoU:

Acara penandatanganan MoU berlangsung dalam suasana penuh semangat dan kolaboratif. Pimpinan dari UMJ dan perwakilan dari Universitas China menyatakan tekad bersama untuk memperkuat hubungan akademik, pertukaran, pengetahuan dan pengembangan bersama.

Fokus Kerjasama

 

1. Program Pertukaran Mahasiswa:

MoU ini mencakup program pertukaran mahasiswa, yang memungkinkan mahasiswa dari kedua universitas untuk mengalami kehidupan dan pembelajaran di lingkungan akademik yang berbeda. Hal ini di harapkan dapat meningkatkan pemahaman lintas budaya dan keragaman.

2.Penelitian Bersama:

Universitas China dan UMJ berkomitmen untuk melakukan penelitian bersama dalam bidang-bidang yang relevan dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Kolaborasi penelitian ini di harapkan dapat menghasilkan inovasi dan kontribusi positif bagi masyarakat.

Melalui MoU ini, UMJ dan universitas China memiliki visi bersama untuk menciptakan hubungan yang berkelanjutan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *